Feb 23, 2009

Portable Applications (klik untuk redirect ke download)

@ http://busori.blogspot.com

Sudah sekitar 2 minggu saya nggak puas banget dengan performance komputer di kantor. Nggak tahu, apa proteksinya terlalu tebel atau memang lagi rewel, sehingga setiap kali mau instal aplikasi, selalu gagal....

Beberapa hari belakangan yang bikin nambah kegemesan saya adalah saat perlu sekali buka file dengan Winrar namun nggak kebuka-buka.(Note: Winrar adalah aplikasi semacam WinZip untuk kompress data sehingga ukuran file menjadi lebih kecil. Untuk membukanya harus di Unrar dengan program WINRAR). Berkali-kali download Winrar, namun selalu gagal untuk diinstal. Bunyinya aneh-aneh! Kadang "..... cannot be installed completely..." atau yang lain-lain.

Agar kerja terus berjalan, terpaksa beberapa kali kirim file RAR ke Datuk Amri, dan minta tolong dikirim balik setelah di unRar, by email. Gemes.......!

Perasaan sih sudah minta tolong ke IT....., tapi lupa-lupa ingat apa sudah diperbaiki ya...... ?????

Hingga kemarin, hari Minggu saat mengantar si kecil belanja komik di toko buku, tanpa sengaja, terlihat satu buku dengan judul (kalau nggak salah) "Portable Applications".

Di cover belakang buku, sedikit ada gambaran bahwa buku tersebut mengulas aplikasi-aplikasi portabel yang bisa di download di website. Karena penasaran, segera saya pulang, connect ke internet dan Alhamdulillah akhirnya menemukan salah satu solusi atas masalah komputer yang beberapa pekan ini selalu menggangu....... , paling tidak untuk saat ini. Ternyata jawabannya simple... PORTABLE APPLICATION..(tentunya kalau tanya orang IT jawabannya nggak hanya satu...:))

Portable application adalah aplikasi open source yang kompatibel dengan sistim operasi utama semisal windows atau mac, atau yg lain. Istimewanya aplikasi ini adalah: tempat instalasinya. Kalau biasanya kita install sebuah program di komputer rumah/kantor atau laptop, lain halnya dengan aplikasi portable ini. Kita nggak perlu install aplikasi portabel di dalam komputer itu sendiri, tapi bisa ditempat lain diluar komputer.

Ya...Anda bisa install di flash disk, atau portable harddisk, atau media portable lainnya. Jadi anda bisa membawa aplikasi yang siap pakai kemanapun anda berada.

=========
Setelah buka website Portable Apps, betapa beruntungnya saya karena menemukan, di website tersebut, sebuah aplikasi portabel dengan nama 7zip. Aplikasi yg bisa digunakan untuk buka file ZIP dan RAR, termasuk CAB (Rar versi mobile phone). Langsung pikiran saya terbayang dengan komputer kantor yang sudah beberapa hari bikin gemes.

Dengan penuh semangat segera saya download habis-habisan aplikasi tsb. Setelah Download Manager menyatakan bahwa file aplikasi sudah terdownload 100%, aplikasi segera saya instal ke Flash Disk melalui komputer (jangkrik) di rumah.

Dan hasilnya, tadi pagi, aplikasi 7zip yang sudah terinstal di flash disk betul-betul bisa saya pakai buka file Rar di Komputer kantor....Tanpa instal di komputer kantor!!!! Aha... leganya....

=============================

Portable Applications adalah salah satu pengembangan software yang betul-betul memanjakan pengguna PC. Kedepan, anda tidak perlu lagi mengisi komputer dengan banyak program, tapi cukup menyediakan portable disk dengan kapasitas besar. Yang penting juga, kebanyakan portable application ini gratisan dengan kualitas yang tidak kalah dengan aplikasi berbayar.


Anda tertarik mencoba? Berikut beberapa daftar aplikasi portabel yang bisa di download gratis di website. (Klik judul diatas untuk download).

Accessibility
Firefox Accessibility Extension , On-Screen Keyboard Portable, on-screen keyboard Virtual Magnifying Glass Portable.

Development
Notepad++ Portable , Nvu Portable & KompoZer Portable

Education
Portable space simulator, Stellarium Portable - portable planetarium

Games
DOSBox Portable,Frets on Fire Portable , style game Jooleem Portable, LBreakout2Portable , Mines-Perfect Portable, PokerTH Portable, Sudoku Portable.

Graphics & Pictures
Cornice Portable, GIMP Portable - Photo and Image Editor

Internet
aMSN Portable, DownThemAll! Extension (for Firefox), FileZilla Portable, FireFTP Extension (for Firefox), Miranda IM Portable, Mozilla Firefox, Portable Edition, Mozilla Thunderbird, Portable Edition , Nvu Portable & KompoZer Portable, Pidgin Portable, PuTTY Portable, Sage Extension (for Firefox), WinSCP Portable , WinWGet Portable.

Music & Video
Audacity Portable, BonkEnc Portable - extract, CoolPlayer+ Portable,DVDStyler Portable, MPlayer Portable, VirtualDub Portable, VLC Media Player Portable,

Office
AbiWord Portable, GnuCash Portable, Lightning Extension (for Thunderbird), Mozilla Sunbird, Portable Edition, Mozilla Thunderbird, Portable Edition (Address Book), OpenOffice.org Portable, PDFTK Builder Portable, PNotes Portable, Crunch Portable, Sumatra PDF Portable, Task Coach Portable, Operating SystemsMac-on-Stick.

Utilities
7-Zip Portable, ClamWin Portable, Command Prompt Portable, ConvertAll Portable,, Eraser Portable,InfraRecorder Portable, JkDefrag Portable, KeePass Password Safe Portable, Lightscreen Portable, PeaZip Portable, PortableApps.com, AppCompactor, PortableApps.com Backup, PortableApps.com Menu, Toucan, WinDirStat Portable, winMd5Sum Portable, WinMerge Portable, Xenon File Manager Portable.
+++++++++++

Penasaran? Silahkan download dan Selamat mencoba!!!!

1 comment:

  1. sip, paling asik kalau bisa buat sendiri aplikasi portable. tapi kalau yang dari situs resmi Thinstall aplikasi yang kita buat mempunyai bataswaktu pemakaian. aku punya Thinstall yang versi full tidak ada batas aplikasi yang kita buat.
    kita lanjutkan membuat portable semaunya………… hehe
    silakan ambil>>>Thinstal full versi

    ReplyDelete