“The Traveller--Two roads diverged in a wood and I – I took the one less traveled by.” – Robert Frost! Catatan Perjalanan.: Windows Mobile 6.1 dan Symbian UIQ 3

Catatan Perjalanan.

Jan 3, 2009

Windows Mobile 6.1 dan Symbian UIQ 3

Catatan Harian Pengguna Gadget (Kategori Non Profesional)

Bagi pemakai PDA atau smartphone atau business phone atau pcphone, istilah pada judul diatas, saya yakin, bukan suatu yang asing di telinga. Keduanya adalah operating system (OS) yang dipakai sebagai otak sekaligus prosesor telepon seluler berkategori smartphone/PDA phone, semacam Windows atau Linux atau OS lain di dunia perkomputeran. Tentunya masih ada OS lain yang dipakai oleh smartphone tertentu.

Kedua OS tersebut terkenal dipakai oleh PDA terkini, dengan ciri utama (tentunya ciri yang paling utama adalah untuk mendukung fungsi komunikasi) kemampuannya untuk mengoperasikan office program semisal Microsoft Office, Excell, Power point, PDF. Atau fungsi lain, mulai dari to do list, agenda, player, data communication (internet, GPRS, wifi,dll), GPS, YouTube, Streaming Media, dan program-program terkait personal-assistance activities lainnya.

Masing-masing merk handphone terkenal mempunyai preferensi tertentu terhadap kedua OS tersebut. Biasanya pemakaian kedua OS disebuah handphone juga menjadi icon tak terpisahkan dari merk handphone yang bersangkutan. Symbian OS misalnya, sering ditemui pada handphone Sony Ericsson dan Nokia, meski pada produk terakhirnya, kedua produsen handphone besar tersebut mulai memakai Windows Mobile. Sedangkan kebanyakan PDA phone, ambil contoh misalnya HTC, sebagian besar produk terbarunya menggunakan OS Windows Mobile.

Terus apa nya yang asyik dengan kedua OS tersebut????

Hampir sama dengan komputer atau laptop kita di rumah atau di kantor, yang bisa di tambahi software atau program baru, dimodifikasi, dihack, diupdate dan diuthek-uthek untuk memuaskan “nafsu” dan “kebutuhan” pemakainya, kita juga bisa melakukan hal yang sama terhadap PDA phone yang mengoperasikan kedua OS diatas. Hobbyist / pemakai PDA bisa mengotak-atik OS dengan menambahkan, memodifikasi/ hack, mengupdate, serta rekayasa lain.
Kabar gembiranya, software, utilities, themes, ringtones, wallpaper dan program tambahan lainnya tersedia banyak di dunia maya. Kita tinggal mencari sesuai keperluan, download, install dan pakai. Tentunya ada yang shareware (beli) tapi tidak sedikit yang masuk dalam kategori freeware (gratisan). Program-program gratis tersebut betul-betul dibuat untuk melengkapi dan bahkan terkadang menutupi kelemahan sebuah PDA.
Di kasus ini, anda akan membuktikan kebenaran pepatah yang berbunyi “Need is the Mother of Invention”. Kita bisa mendapatkan berbagai fungsi dan program freeware, mulai dari Converter, Kalkulator Scientific, Call Barring, SMS Filter, Kamus Lengkap, Travel Mate, Senter, Game, Sensor Gerak, Penghitung Gravitasi, Alarm, Pengingat Waktu Sholat, Alqur’an dan terjemahan, hadits, GPS, Kompas, Ebook, Referensi, bahkan yang nyrempet-nyrempet badan sensor berkategori hot hot hottttt… Jelasnya banyak fungsi-fungsi lain yang agak sulit untuk disebutkan satu persatu.

Kebetulan di rumah ada dua PDA yang memakai OS berbeda yaitu Symbian platform UIQ 3 dan WM Prof. 6.1. Kedua PDA tersebut membuat hari-hari libur tanggal merah yang akhir-akhir ini bertebaran di kalender kita, saya penuhi dengan kegiatan otak-atik PDA.

HTC touch diamond yang memakai Windows Mobile Prof. 6.1 dan SE M600i yang memakai Symbian UIQ 3, seakan-akan menjadi bahan percobaan yang tidak henti-hentinya. Install jika suka, uninstall jika sudah bosen atau tidak sesuai dengan keinginan. Harus diperhatikan juga memory PDA, karena kalau terlalu banyak program tambahan yang terpasang, berakibat pada kinerja handphone yang tidak maksimal.
Kadang kegiatan ini beresiko sih, sama halnya dengan yang terjadi pada komputer. Tapi Hard Reset (istilah mengembalikan setting PDA seperti aslinya dengan resiko kehilangan data-data, mungkin karena crash dll) sekali dulu ternyata tidak membuat kapok. Terakhir, kedua PDA terpaksa saya Hard Reset kembali ke default pabrikan karena hang dan problem akibat terlalu bernafsu memasang berbagai program tambahan. Salah satu akibatnya, mohon maaf jika no. telepon rekan-rekan ada yang hilang, mungkin karena imbas dari Hard Reset tersebut.

Namun secara keseluruhan, kegiatan otak-atik, termasuk berburu program freeware untuk PDA ini, asyik deh….

Untuk info, di HTC diamond yang super tipis di rumah, sudah terpasang program tambahan antara lain; Kamus Lengkap Inggris-Inggris dan Synonim, Senter (Siapa tahu perlu turun ke hutan malam-malam), Gravity Sensor untuk membolak-mbalik tampilan, GoogleMaps dan DoNot Disturb. Termasuk Wallpaper SE X1 Xperia (gara-gara nggak kesampaian beli Xperia, jadi menikmati wallpapernya pun jadilah)

Sedangkan SE M600i di rumah juga sudah terpasang program tambahan antara lain World Fact Book 2008 (informasi lengkap dan detil tentang seluruh negara di dunia), Aplikasi Note G900; untuk catatan sesuai dengan tulisan tangan, Handy day untuk pengingat kegiatan sehari-hari, LightMe untuk senter, Shalat, untuk pengingat waktu Sholat, Touch Dial digunakan kalau males pakai stylus dan keyboard, WorldMate untuk referensi harian mulai ukuran sepatu sampai jam dunia, jadwal penerbangan serta tak ketinggalan Kamus Indonesia-Inggris dan Inggris- Indonesia. Terpasang juga Theme Blackberry, sehingga tampilan seperti Blackberry (termasuk ringtones dan background colornya) meski Sony Ericsson. Kadang kuganti dengan theme Xperia, supaya variatif, dan tema-tema lainnya.

Gimana? Anda tertarik dengan program-program tambahan yang kompatibel dengan OS Windows Mobile Prof. 6.1 untuk HTC Touch Diamond atau Symbian platform UIQ 3 yang bisa dipakai Sony Ericsson M600i? Jika penasaran, silahkan isikan program yg anda inginkan di buku tamu. Siapa tahu ada di file saya. Dan jangan lupa alamat emailnya supaya bisa langsung terkirim ke sana.

Eitssss.... terakhir! Penulis tidak bertanggung jawab jika ada resiko yang terjadi atas PDA anda! Anda harus tanggung sendiri. Termasuk resiko yang lebih berbahaya dari kerusakan PDA karena mengikuti jejak saya yaitu....... dicuekin sama istri. Lho, kok bisa???? Gara-garanya hari-hari libur cuma otak-atik handphone melulu.......!!!!!!! he, he, he...... (written for http://busori.blogspot.com)

6 Comments:

At February 11, 2009 at 11:33 PM , Anonymous Andre said...

Cool...
Download kamus Inggris _ Indonesia - Indonesia_Inggris di mana ya? Mohon linknya...
thx

 
At July 18, 2009 at 7:54 PM , Anonymous testea said...

apakah ada aplikasi karaoke buat hpku?? hpku uiq3 (se G900) dan aku ingin hpku bisa baca file .kar

e-mailku adalah: testea@uksw.org

 
At July 18, 2009 at 7:57 PM , Anonymous testea said...

saya kepingin hpku se G900 uiq3 bisa baca file karaoke (.kar) apakah ada aplikasinya????

e-mailku: testea@uksw.org

 
At May 24, 2010 at 1:28 PM , Blogger teo said...

Hallo..
saya pny SE W960i, dan saya pernah dengar tentang aplikasi seperti BBM di blackberry yg bisa diterapkan di SE W960i pny saya, anda punya aplikasinya gak? kirimi saya ya?
Thanks before....

email saya : max.harijanto@yahoo.co.id

 
At May 24, 2010 at 7:46 PM , Blogger busori sunaryo said...

pls check www.ipmartforum.com, noeman.org/gsm, or just googling.

 
At November 12, 2010 at 12:04 AM , Anonymous Isna said...

Hp q SE G900. . .
Gimana caranya hard reset, seperti pada nokia symbian s60 yang v1, v2, v3, yang menekan tombol call+3+* Pada saat ponsel mati, terus dihidupkan.?

Terima kasih. . .

Isna
Kobar.kobir@gmail.com

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home