“The Traveller--Two roads diverged in a wood and I – I took the one less traveled by.” – Robert Frost! Catatan Perjalanan.: KOMPETENSI EMOSIONAL

Catatan Perjalanan.

Aug 29, 2008

KOMPETENSI EMOSIONAL




Untuk mencapai kriteria Cerdas Emosi, seseorang disyaratkan menguasai Kompetensi Emosional yg terdiri dari Kompetensi Pribadi dan Sosial. Jika keduanya terpenuhi, maka dia dikatakan secara emosi kompeten sehingga mempunyai Kecerdasan Emosional yang tinggi.
Goleman mendaftar kedua Kompetensi tersebut sbb:

I. KOMPETENSI PRIBADI
a. Kesadaran Diri
1. Kesadaran Emosi: mengenali emosi serta efeknya.
2. Asesment diri yang akurat: mengetahui kekuatan dir serta batas-batasnya.
3. Percaya Diri: Kesadaran akan nilai diri serta kapabilitas diri yang tinggi.

b. Mengelola Diri
4. Kontrol Diri: menjaga ledakan emosi serta perasaan agar tetap terkontrol.
5. Dapat Dipercaya: Menjaga standar kejujuran dan integritas.
6. Hati-hati: Bertanggung jawab atas tindakan.
7. Menyesuaikan diri: Fleksibel dalam menghadapi perubahan.
8. Inovatif: Nyaman dengan adanya ide baru, pendekatan baru seta informasi baru.

c. Motivasi
9. Dorongan Berprestasi: Berjuang untuk berkembang atau memenuhi standar tinggi.
10. Komitmen: Komit terhadap goals kelompok atau organisasi.
11. Inisiatif: Kesiapan untuk bertindak pada setiap kesempatan yang ada.
12. Optimis: Teguh dalam mencapai tujuan melewati rintangan dan masalah.

II. KOMPETENSI SOSIAL
d. Empati
13. Memahami orang lain: merasakan perasaan dan perspekstif orang lain serta peduli dengan concern mereka.
14. Mengembangkan orang lain: Sadar atas kebutuhan orang lain untuk berkembang dan mendukung kemampuan mereka.
15. Orientasi layanan: Mengantisipasi, mengenali dan memenuhi kebutuhan customer.
16. Menghormati perbedaan: mencari peluang dari orang-orang yang berbeda.
17. Kesadaran politis: Membaca arah emosi kelompok serta hubungan kekuasaan.

e.Ketrampilan Sosial
18. Pengaruh: Mempunyai taktif efektif untuk mempengaruhi.
19. Komunikasi: Mendengar secara terbuka dan mengirimkan pesan yang meyakinkan.
20. Manajemen Konflik: Menegosiasikan serta memecahkan konflik.
21. Kepemimpinan: Menjadi inspirasi dan contoh serta mengarahkan setiap individu/kelompok.
22. Katalisator Perubahan: Menggerakkan atau mengatur perubahan.
23. Membangun ikatan: Memelihara hubungan.
24. Kolaborasi dan Kerja sama: Bekerja dengan orang lain untuk tujuan yang sama.
25. Kapabilitas Tim: Menciptakan tim yang sinergis dalam mencapai tujuan.

Untuk mengetahui kecerdasan emosi anda, silahkan bandingkan kondisi nyata dengan tabel diatas!

2 Comments:

At May 26, 2013 at 5:01 AM , Anonymous Anonymous said...

Lots has beеn tаlked abοut the areа
pгevіouѕly, but theгeѕ onе
or two points ωorth takіng notе οf.
Faνοurited.

Feel fгee tο visit my blog poѕt: fast money loans

 
At June 1, 2013 at 2:02 PM , Anonymous Anonymous said...

ӏ've got to get it all done because I won't have thе chаnce to do іt if not!


my web-sіte loans fast

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home